Foto Udara dan Foto Citra Satelit Resolusi Tinggi | JUAL CITRA SATELIT RESOLUSI TINGGI QUICKBIRD DAN WORLDVIEW 2 PLEIADES IKONOS LANDSAT ALOS SPOT GEOEYE RAPIDEYE

Foto Udara dan Foto Citra Satelit Resolusi Tinggi

Foto Udara dengan resolusi spasial citra foto yang dihasil sekitar 15 cm sempat menjadi primadona tersendiri bagi para penggiat peta baik personal, swasta, institusi, maupun lembaga. Mobilisasi dalam pengambilan citra foto untuk menghasil Foto udara ada yang menggunakan Pesawat Terbang, helikopter, Balon udara, dan teknologi terbaru sekarang menggunakan pesawat tanpa awak UAV (Unmaned Aerial vehicle) atau biasa disebut Drone. Pengambilan citra foto, foto udara pada saat pemotretan/atau perekaman gambar cenderung dibawah awan, jadi citra foto yang dihasilkan bebas dari ketertutupan awan. Citra foto, foto udara yang dihasilkan yaitu berupa potongan Frame gambar yang berukuran kecil yang banyak, yang nantinya akan di mosaic (penggabungan frame foto udara menjadi satu hamparan citra foto). Setiap data citra foto, foto udara yang dihasilkan pasti melalui proses mosaic, karna pada umumnya frame citra foto dari foto udara yang dihasilkan lebih dari satu frame. Kualitas citra foto dari foto udara sangat berpengaruh pada proses mosaic/penggabungan citra foto dari foto udara. Yang mempengaruhi kualitas citra foto dari foto udara selain tingkat kecerahan warna citra foto dari lensa adalah sudut (angle) pada saat proses pengambilan (pemotretan) foto udara. Kondisi Cuaca dan tiupan angin juga mempengaruhi proses pengambilan gambar yaitu posisi kestabilan lensa foto pada saat pemotretan dari frame satu ke frame selanjutnya. Kestabilan citra foto dari foto udara berpengaruh terhadap angle citra foto udara yang dihasilkan efeknya juga berpengaruh pada saat proses mosaic frame citra foto yang dihasilkan foto udara.

Pada saat bersamaan dengan proses pengambilan gambar citra foto dari foto udara juga dilakukan mobilisasi pengambilan data GCP (Ground Control Point), dengan jumlah titik GCP yang cukup mengakomodir pada saat proses mosaic frame citra foto yang dihasilkan dari foto udara. Kualitas GCP sangat berpengaruh terhadap akurasi citra foto yang dihasilkan. Titik titik GCP yang dihasilkan nantinya akan dipakai pada saat proses orthorektifikasi citra foto dari foto udara.

Citra satelit resolusi tinggi adalah citra yang dihasilkan satelit optik komersil luar angkasa yang resolusi citra dihasilkan kurang dari atau sama dengan 1 meter. Beberapa satelit optik resolusi tinggi yang kita ketahui adalah Quickbird, WorldView, GeoEye, dan pleiades dengan resolusi spasial citra satelit yang dihasilkan adalah 0,5 meter. Pada beberapa lokasi tertentu persentase ketertutupan citra satelit resolusi tinggi relatif kecil bahkan clear nol persen ketertutupan awan. Pada beberapa lokasi yang lain ketertutupan awan ada yang ringan, sedang, dan tinggi ketertutupan awannya. Selain menyediakan citra satelit real time new collection data baru, pihak perusahaan pemilik dari satelit juga menyediakan data citra satelit archive. Data citra satelit archive merupakan kumpulan dari data citra satelit new collection yang dikumpulkan dari waktu ke waktu. Jadi, kita bisa mendapatkan citra satelit sesuai dengan waktu perekaman citra yang kita inginkan, dengan catatan ketersediaan datanya harus dicek terlebih dahulu. Dengan ketersediaan data archive citra satelit resolusi tinggi pada lokasi yang kita inginkan apabila citra utama yang kita inginkan berawan, kita bisa manfaatkan citra yang lain yang beda waktu perekaman yang tidak tertutup awan pada lokasi awan yang sama. Proses mosaic citra yang berawan dengan citra yang lainnya yang tidak berawan harus dilakukan oleh yang profesional dan berpengalaman, untuk menghasilkan citra yang baik dan berkualitas.

Scene-scene citra satelit yang dihasilkan pada saat perekaman dari satelit dalam satu waktu berbentuk Strip-strip ada yang memanjang, pendek, dan sedang yang searah dengan arah orbit dari satelit. Data citra satelit yang dihasilkan pada saat perekaman dilengkapi juga dengan metadata sebagai identitas (informasi pada saat proses perekaman). Informasi seperti waktu perekaman, sudut (angle) perekaman, sudut (angle) matahari, dan sebagainya tertera pada metadata citra satelit. Pada saat perekaman citra satelit lebih stabil dibanding foto udara karna tidak terpengaruh faktor cuaca ataupun angin.

Untuk perbandingan antara citra satelit dan foto udara tentu saja masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Foto udara dengan resolusi yang dihasilkannya tentu saja lebih tinggi dibandingkan dengan citra satelit, akan tetapi dari sisi biaya harga foto udara sangat jauh berlipat kali lebih mahal dibanding citra satelit, satuan harga yang ditawarkan untuk foto udara pada umumnya menggunakan satuan hektar. Itu belum termasuk biaya akomodasi dan mobilisasi personil di lapangan. Berbeda dengan pesawat tanpa awak UAV/Drone, foto udara memerlukan perizinan seperti izin terbang untuk pesawat berawak ataupun helikopter berawak.

FacebookTwitterGoogle+LinkedInYahoo MessengerBlogger PostWhatsAppEmailWordPressYahoo MailShare