GIS Geographic Information System

June 17, 2019
gis geographic information system

GIS (Geographic Information System) adalah merupakan sebuah sistem informasi khusus informasi geografis yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan) berbasis komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi  yang berbasis data-data geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database yang berhubungan dengan tujuan tertentu.

Geographic Information System dapat, diproses, ditampilkan diakses, ditransfer, dan ditransformasikan dengan menggunakan berbagai macam program aplikasi perangkat lunak (software).

Geographic Information System juga dapat menjadi alat bantu bagi perusahaan untuk mengatur bisnis antara lain jalur distribusi, marketing network, daerah market perusahaan saingan/mitra bisnis, manajemen armada, dan lain-lain, bahkan semua itu dapat disajikan secara real time.

Peta merupakan Salah satu produk yang paling umum dari GIS. GIS biasanya produsen produktif peta. Geographic Information System merupakan sistem yang terdiri dari peta digital yang merepresentasikan obyek dan sumber daya di daerah dalam database, dapat melakukan analisis spasial, dan menghasilkan informasi dasar spasial yang merupakan informasi yang lebih mudah dimengerti dibandingkan informasi yang berupa teks.

Dahulu GIS hanya digunakan oleh industri-industri seperti minyak dan pertambangan, perkebunan, perikanan, transportasi, dan telekomunikasi. Tapi akhir-akhir ini GIS telah di gunakan oleh banyak sektor lainnya seperti, real estate, banking, bisnis perkapalan dan galangan kapal, dan bahkan dalam bisnis retail seperti delivery order. Semakin lama semakin berkembang Geographic Information System telah menjadi sebuah disiplin dengan basis penelitian sendiri dikenal sebagai ilmu informasi geografis. Seiring waktu Dunia GIS aktif telah menghasilkan biaya yang lebih rendah dan perbaikan terus menerus dalam perangkat keras GIS, perangkat lunak, dan data.

Share