Ilmuwan NASA Petakan Kerusakan Tanah Akibat Gempa California - JUAL CITRA SATELIT RESOLUSI TINGGI QUICKBIRD DAN WORLDVIEW 2 PLEIADES IKONOS LANDSAT ALOS SPOT GEOEYE RAPIDEYE

Ilmuwan NASA Petakan Kerusakan Tanah Akibat Gempa California

Dua gempa bumi California Selatan baru-baru ini melanda tanah melintasi puluhan mil persegi dan perubahannya terlihat bahkan dari ruang angkasa.

Satelit Jepang mengambil kerusakan dari gempa bumi 4 dan 5 Juli yang masing-masing berkekuatan 6,4 dan 7,1. Gempa dengan magnitudo ini cukup kuat menyebabkan kerusakan sedang hingga parah pada bangunan.
Gempa 5 Juli adalah yang terkuat yang menghantam wilayah Ridgecrest (150 mil, atau 241 kilometer, timur laut Los Angeles) dalam 40 tahun menurut US Geological Survey. Pemindahan permukaan yang disebabkan oleh gempa ini dan pendahulunya terlihat jelas dalam gambar baru dari satelit Advanced Land Observing Satellite (ALOS-2) Jepang.

Satelit itu mengumpulkan data menggunakan teknik yang disebut radar aperture sintetis, yang menghasilkan pengukuran terperinci dari ketinggian permukaan bumi. Mengutip Space, para ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, yang juga berlokasi di California Selatan, membuat peta berdasarkan data tersebut.

Setiap pita warna mewakili 4,8 inci (12 cm) perpindahan tanah dalam garis pandang instrumen radar. Daerah yang paling “berisik”, yang tampak paling kacau dalam gambar, kemungkinan tanahnya hancur karena gempa. Di sudut tenggara gambar, fitur linear tampak mengiris pusaran berwarna dan kemungkinan menandai di mana permukaan diiris terbuka oleh gempa.

USGS dan California Geological Survey, serta ilmuwan lain, akan menggunakan peta untuk menilai kerusakan dan memetakan kesalahan baru. Wilayah ini juga mengalami 1.000 gempa susulan yang membuka beberapa celah.

Para ilmuwan bekerja sama dengan Program Bencana Ilmu Bumi NASA (dan juga banyak mitra lain yang termasuk Badan Manajemen Darurat Federal) untuk mencari cara terbaik untuk menanggapi gempa bumi.
Pasangan gempa bumi menyebabkan kerusakan dahsyat ke rumah tapi tidak ada kematian yang dilaporkan atau luka berat.