Jenis-jenis Citra Satelit Serta Pemanfaatannya Untuk Berbagai Bidang Penting - JUAL CITRA SATELIT RESOLUSI TINGGI QUICKBIRD DAN WORLDVIEW 2 PLEIADES IKONOS LANDSAT ALOS SPOT GEOEYE RAPIDEYE

Jenis-jenis Citra Satelit Serta Pemanfaatannya Untuk Berbagai Bidang Penting

Sebagian besar dari Anda mungkin belum tahu apa itu citra satelit. Di jaman yang semakin canggih seperti saat ini, perkembangan ilmu dan teknologi memang tidak dapat dibendung namun justru akan semakin berkembang. Hal inilah yang membuat banyak bermunculan teknologi baru dan mutakhir serta berguna bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah satelit.

Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah akrab dengan satelit seperti ini, terutama bagi Anda yang suka melacak tempat menggunakan Google Earth. Di balik kemudahan dan kecanggihan yang Anda nikmati tersebut, ada ilmu dan teknologi penginderaan jarak jauh atau remote sensing. Teknologi ini menghasilkan gambar yang disebut dengan citra.

Citra sendiri merupakan gambaran atau foto kondisi kenampakan permukaan bumi hasil dari penginderaan dari spectrum elektromagnetik. Hasil penginderaan tersebut nantinya akan ditampilkan pada layar atau disimpan pada media rekam dan juga cetak. Sedangkan citra satelit merupakan hasil perekaman atau pemotretan objek dari alat sensor yang dipasang pada satelit di ruang angkasa.

Dalam praktek kerjanya, ada banyak jenis satelit yang digunakan untuk merekam kenampakan permukaan bumi. Perbedaan jenis satelit yang digunakan ini akan berpengaruh terhadap hasil rekaman gambar berdasarkan tingkat resolusinya. Beberapa jenis yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut :

Beberapa Jenis Citra Satelit dan Fungsinya

1. Satelit Landsat

Jenis satelit yang pertama adalah Citra Landsat TM. Citra Landsat menggunakan sistem penginderaan jauh jarak pasif yang dilengkapi dengan 7 saluran. Setiap saluran memiliki panjang gelombang tertentu sesuai jenis orbit sun sinkronnya. Satelit jenis ini paling banyak dimanfaatkan untuk pemetaan lahan.

2. Satelit IKONOS

Satelit IKONOS merupakan satelit yang diluncurkan pada bulan September 1999 dan mampu merekam data multispectral 4 kanal pada resolusi 4 m. Satelit ini biasa difungsikan untuk pemetaan topografis pada wilayah skala kecil hingga menengah. Hasil rekaman dari satelit ini bisa dijadikan untuk memperbarui peta topografi yang sudah ada.

3. Satelit GeoEye

Jenis citra satelit selanjutnya adalah satelit geoeye. Satelit ini merupakan salah satu satelit pengamat bumi terbaik yang ada di orbit bumi. Pada proses pembuatannya, satelit GeoEye disponsori oleh Google dan Nasional Geospatial-Intelligence Agency (NGA) sehingga tidak heran jika mampu menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi. Dengan kemampuannya tersebut, menjadikan satelit GeoEye sebagai satelit komersial terbaik saat ini.

4. Satelit Terra

Terra merupakan sebuah satelit spectrometer citra beresolusi tinggi yang mampu mengamati tempat sama di permukaan bumi setiap hari. Satelit ini memiliki fungsi yang cukup penting yaitu untuk mengamati vegetasi, radiasi, mendeteksi tutupan lahan, mendeteksi kebakaran hutan serta mengukur suhu permukaan bumi.

5. The Indian Remote Sensing (IRS)

IRS merupakan sistem satelit yang berguna untuk menyediakan informasi manajemen sumber daya alam berharga. Satelit ini berfungsi untuk membantu merencanakan perkotaan dan manajemen bencana. Dengan adanya satelit ini penataan kota menjadi lebih tertata dengan baik.

Manfaat Citra Satelit Untuk Berbagai Informasi Penting

Satelit atau penginderaan jarak jauh memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Salah satunya adalah sebagai sumber informasi untuk berbagai data penting terkait pemetaan permukaan bumi, ilmu geologi hingga mitigasi bencana alam. Untuk lebih jelasnya manfaat dari penginderaan jarak jauh, simak ulasan berikut ini :

1. Informasi permukaan bumi

Salah satu manfaat dari penggunaan pengindera jarak jauh atau satelit adalah sebagai sumber informasi permukaan bumi. Ada beberapa informasi yang bisa diperoleh dari penggunaan satelit ini, antara lain seperti bentuk dan penggunaan lahan, perubahan penggunaan lahan, kondisi geologi dan geomorfologi serta lokasi kebakaran hutan.

2. Informasi bawah permukaan bumi

Tak hanya sebagai sumber informasi permukaan bumi saja, citra satelit juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui informasi bawah permukaan bumi. Beberapa di antaranya adalah untuk mengetahui benda-benda terpendam seperti candi dan peninggalan sejarah. Tak hanya itu, satelit juga bisa dimanfaatkan untuk informasi lokasi timbunan air bawah tanah hingga lokasi sumber panas bumi.

3. Informasi geologi

Satu lagi informasi yang bisa diperoleh dari pengindera jarak jauh atau satelit adalah informasi geologi. Ada banyak informasi geologi yang bisa diperoleh antara lain seperti pola topografi, lokasi sumber daya geologi, pola erosi, persebaran banjir hingga lokasi bencana geologi potensial seperti banjir, gempa bumi hingga gunung api.

Citra Satelit Bisa Dimanfaatkan Untuk Berbagai Bidang

Selain dimanfaatkan sebagai sumber informasi penting, satelit atau pengindera jarak jauh juga dimanfaatkan untuk bidang lainnya. Saat ini sudah sangat luas pemanfaatan satelit saat ini dan mencakup berbagai bidang mulai dari bidang sumber daya alam,lingkungan, kependudukan, transportasi hingga pada bidang pertahanan atau militer.

Tak hanya beberapa bidang di atas, citra satelit juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai bidang lainnya, antara lain seperti berikut ini :

1. Bidang perkebunan dan pertanian
2. Bidang kehutanan dan vegetasi alam
3. Bidang pertambangan dan energy
4. Bidang perencanaan dan pembangunan wilayah
5. Bidang entertainment dan pelatihan
6. Bidang arsitek dan konstruksi
7. Bidang pertahanan dan intelejensi

Dari sekian banyak pemanfaatan yang bisa dilakukan, satelit paling banyak digunakan dalam hal pembangunan wilayah. Beberapa contohnya seperti untuk pemetaan kawasan tambang, monitoring daerah terkena bencana, perencanaan infrastruktur, pertanian dan perkebunan hingga pembuatan peta wilayah.

Itulah berbagai informasi penting yang perlu Anda ketahui tentang pemanfaatan teknologi satelit bagi kehidupan manusia. Di jaman yang semakin maju seperti saat ini, kemajuan teknologi memang sangat berkembang dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. Salah satu contohnya seperti teknologi citra satelit yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai bidang penting.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.