Sejarah Citra Satelit Pleiades dan Produk-produknya - JUAL CITRA SATELIT RESOLUSI TINGGI QUICKBIRD DAN WORLDVIEW 2 PLEIADES IKONOS LANDSAT ALOS SPOT GEOEYE RAPIDEYE

Sejarah Citra Satelit Pleiades dan Produk-produknya

Citra Satelit Pleiades dihasilkan oleh sebuah satelit bernama Pleiades dengan resolusi tinggi. Pleiades dibuat oleh Airbus Defence & Space di Perancis. Sejak dikeluarkan, satelit ini memang sudah cukup populer. Kini, Pleiades semakin populer dan booming di Indonesia. Setelah Quickbird dan Ikonos yang lebih dahulu populer, Pleiades akhirnya menjadi perbincangan hangat di Indonesia.

Pencitraan Pleiades terbagi menjadi 4 band. Keempat band tersebut mliputi hijau, biru, merah, dan inframerah dekat. Kini, Pleiades telah memasuki generasi kedua. Generasi pertama telah diluncurkan pada tahun 2011. Kemudian disusul oleh generasi kedua yang berhasil meluncur dengan mulus pada tahun 2012 lalu.

Peluncuran kedua satelit ini memicu banyak pihak untuk berkomentar. Pastinya, peluncuran kedua lebih booming dibandingkan dengan peluncuran pertama. Peluncuran kedua dilakukan untuk melengkapi generasi pertamanya. Resolusi yang dihasilkan pun lebih tinggi. Jadi, ekspektasi si pemilik akan menjadi lebih sempurna.

Sejarah Citra Satelit Pleiades

Satelit Pleiades ini merupakan hasil rancangan dari Program ORFEO dari Perancis dan Italia. Sistem pleiades dirancang kurang lebih pada tahun 2001 hingga tahun 2003. Program ini diluncurkan oleh Badan Antariksa Perancis atau CNES pada tahun 2003 silam.

CNES disini juga berperan sebagai kontraktor utama dari sistem keseluruhan. CNES juga melakukan kerjasama dengan EADS Astrium yang merupakan kontraktor utama untuk segmen luar angkasa. Layanan pleiades dijual oleh Spot Image yang merupakan distributor eksklusif dan resmi dari satelit ini. Dalam peluncurannya, satelit Pleiades menggunakan teknologi terbaru.

  1. Orbit Pleiades beroperasi secara bertahap. Hal ini dilakukan untuk meninjau kembali setiap titik di dunia. Pleiades berbagi dengan bidang orbit yang sama membentuk konstelasi besar dengan 4 satelit. Ketinggian rata-rata orbit adalah 694 km. Orbit yang dibentuk bertahap dan hampir bundar.
  2. Inovasi Produk ini dilengkapi dengan inovasi terbaru yang super inovatiff. Produk ini juga menawarkan kelincahan slew, pitch, dan roll yang luar biasa. Hal ini memungkinkan jumlah akuisisi di atas area yang diberikan.
  3. Adanya agility untuk tugas super responsif Kelincahan yang dimiliki oleh Citra Satelit Pleiades dilengkapi dnegan program akuisisi gambar yang super dinamis. Ini membuat pengguna bisa mendapatkan kebutuhannya sesuai dengan waktu yang diinginkan. Bahkan, permintaan pengguna dalam jumlah perorangan akan dilakukan. Pengambilan gambar dilakukan menggunakan tiga stereo. Selain itu, akuisisi gambar bisa dilakukan dimana saja menggunakan tanah seluas 800 km. Kapasitas akuisisi teoritis maksimum mencapai 1 juta kilometer persegi. Kapasitas akuisisi harian akan dioptimalkan hingga mencapai 300 ribu kilometer persegi per harinya.

Produk satelit Pleiades memiliki dua pusat stasiun penerima di darat yaitu di Spanyol dan Perancis. Selain itu, Pleiades juga memiliki dua stasiun sipil yaitu di Swedia sebagai penerima data jumlah besar dan di Perancis. Stasiun penerima selanjutnya dipasang sesuai dengan permintaan pengguna.

Produk-produk Satelit Pleiades

Citra satelit Pleiades dengan resolusi yang tinggi ini menghasilkan dua data moda. Keduanya adalah moda pankromatik dan multispektral. Produk ini bisa diaplikasikan di berbagai tempat mulai dari pertanian, pertanahan, perkotaan, hingga infrastruktur.

Ada 4 produk dari Satelit Pleiades.

  1. Pleiades P Produk pertama bernama Pleiades P. Pleiades tipe Panchromatic Imagery ini memiliki 1 band yaitu black and white.
  2. Pleiades PMS N Pleiades PMS N atau yang merupakan kependekan dari Pleidades Pansharpened Multispectral Natural Color Band Imagery memiliki 3 band. Ketiganya yaitu Natural color dan Level Ortho.
  3. Pleiades MS Pleiades Multispectral Imagery atau yang lebih dikenal dengan Pleiades MS memiliki 4 band yaitu B, G, R , dan NIR
  4. Pleiades PMS Pleiades PMS atau Pansharpened Multispectral Imagery juga memiliki 4 band yaitu  NIR, G, R, dan B.

Jika Anda ingin mencari informasi tentang ketersediaan data untuk resolusi sangat tinggi dan resolusi tinggi, Anda bisa melihat selengkapnya melalui internet.

Proses Pengolahan Data Pada Satelit Pleiades

Produk satelit dari Peancis ini memiliki resolusi 0,5 m. Pengolahan data pada masing-masing area berbeda-beda. Namun secara umum, proses pengolahan data dimulai dari koreksi geometrik, fusi/ pansharpening, Enchancement, hingga Three Color Combos. Proses terakhir adalah Cultining dan Mosaicking.

Secara lebih lengkapnya, Citra satelit Pleiades dihasilkan melalui beberapa rangkaian pengolahan berikut ini.

  1. Fusi Proses Fusi atau Pansharpening merupakan proses dimana 2 fusi pada citra multispektral 2 m dengan citra pankromatik setengah meter. Ilustrasinya bisa Anda lihat pada gambar-gambar di internet.
  2. Orthorectification/ koreksi geometrik Proses kedua dari pengolahan data citra satelit Pleiades adalah mengkoreksi geometrik. Cara koreksi dilakukan dengan menggunakan metode rational function.
  3. Color Balancing/ Enchancement Proses selanjutnya yaitu Enchancement atau proses untuk mempertajam warna. Setelah proses ini dilakukan, warna akan menjadi seragam. Pada proses ini seringkali data berubah menjadi buram. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh atmosfer bumi.
  4. Three Color Combos Proses ini dilakukan dalam mengolah data dengan memanfaatkan InfraRed. Efek haze akan dikurangi melalui proses ini.
  5. Cultining dan Mosaicking Proses terakhir dalam pengolahan data citra satelit Pleiades adalah cultining dan mosaicking. Proses ini dilakukan dengan menggabungkan antar scene yang berbeda melalui beberapa tahapan.

Demikianlah proses yang dilakukan dalam melakukan pengolahan data menggunakan satelit ini. Prosesnya memang cukup rumit dan panjang, namun hal tersebut dilakukan demi mendapatkan hasil gambar terbaik.

Pemanfaatan satelit dalam di era modern seperti sekarang memang terus dikembangkan. Teknologi terus berkembang untuk mempermudah segala pekerjaan dan akitifitas manusia.  Citra Satelit Pleiades kini dimanfaatkan dalam beragam hal, seperti mengidentifikasi kemacetan lalu lintas dan identifikasi ruas jalan dalam pembangunan.