Tutupan Lahan - JUAL CITRA SATELIT RESOLUSI TINGGI QUICKBIRD DAN WORLDVIEW 2 PLEIADES IKONOS LANDSAT ALOS SPOT GEOEYE RAPIDEYE

Tutupan Lahan

Kehadiran dari citra satelit pleiades, worldview, dan geoeye sangat berperan penting untuk kegiatan penutupan lahan. Seperti yang diketahui bahwa saat ini kegiatan pembangunan terus berkembang di daerah perkotaan. Hal tersebut terlihat dari pemanfaatan ruang atau daerah perkotaan sepanjang waktu.

Beberapa kegiatan pembangunan selalu dilakukan demi memenuhi fasilitas perkotaan sosial dan ekonomi. Misalnya saja demi pembangunan pusat bisnis, permukiman, perdagangan, dll. Semakin meningkatnya fasilitas fisik perkotaan membuat perkembangannya lebih meningkat. Sehingga hal ini menyebabkan banyaknya penutupan daerah demi kebutuhan tersebut.

Maka dari itu supaya bisa mewujudkan kawasan perkotaan berkelanjutan, dibutuhkan upaya pengendalian dan pemantauan terhadap perkembangannya sendiri. Salah satu untuk mengetahui perkembangan perkotaan adalah mencari tahu informasi seputar tutupan lahan melalui peta citra satelit. Peta inilah yang nantinya akan memberikan informasi secara spasial (keruangan) mendetail.

Pentingnya Informasi tentang Tutupan Lahan

Pada dasarnya informasi seputar tutupan lahan itu penting sekali dan dibutuhkan banyak pihak. Penutupan daerah itu sendiri bisa juga disebut sebagai penampakan biofisik terhadap permukaan bumi yang terdiri atas ruang terbuka, terbangun, basah, tubuh air, dan juga areal vegetasi.

Lewat peta tutupan lahan inilah maka semua pihak bisa mengetahui informasi mendetail tentang jenis tutupannya, luas dari setiap area yang ditutup, pola, dan sebaran dari pemanfaatan daerah di sebuah wilayah. Informasi yang diberikan dalam bentuk peta ini bisa digunakan untuk banyak kegiatan.

Misalnya saja untuk penelitian atau beberapa kegiatan penting lainnya. Penelitian tersebut bisa dilakukan dengan cara melihat adanya perubahan terhadap tutupan lahan yang disajikan pada peta foto satelit. Penyajiannya tersebut didasarkan pada perbandingan dari luas tutupan lahan dalam waktu 2 periode.

Hasil dari beberapa penelitian itu bisa digunakan untuk referensi bagi pemerintah dan pihak yang terkait untuk memantau perkembangan wilayah. Karena penelitiannya juga memberikan informasi seputar dampak penutupan lahan terhadap kondisi lingkungannya dan kesesuaiannya dengan tata ruang.

Media untuk Mendapatkan Informasi Tutupan Lahan

Salah satu media yang digunakan untuk mendapat informasi seputar tutupan lahan ini adalah satelit. Pemanfaatan satelit landsat banyak digunakan untuk sejumlah kegiatan penelitian dan survey. Dari sinilah maka bisa dilakukan klasifikasi tertentu untuk mendapat informasi seputar jenis tutupan lahan di wilayah tertentu.

Semua informasinya akan disajikan secara keruangan atau spasial. Karena satelit tersebut merupakan gambaran dari data permukaan bumi lewat perekaman secara langsung. Selanjutnya data tersebut diproses stasiun bumi yang bisa digunakan untuk pengolahan informasi dan analisa terkait dengan masalah kebumian dan perkotaan.

Dengan adanya data tersebut membuat proses identifikasi wilayah menjadi lebih cepat dan mudah. Semuanya berkat pemanfaatan satelit yang bekerja dengan baik dalam melakukan proses penginderaan jarak jauh menggunakan sistem informasi geografis. Itulah sebabnya teknologi tersebut digunakan untuk menentukan klasifikasi penutupan lahan.

Pemanfaatan Citra Satelit untuk Menentukan Klasifikasi Tutupan Lahan

Pada dasarnya untuk menentukan klasifikasi tutupan lahan ini diawali dengan memasukkan data citra landsat menggunakan tool data management. Setelah itu berlanjut ke dalam menu raster processing serta composit bands. Dari sinilah dilakukan pemotongan terhadap citra landsat menggunakan tool data ke menu clip raster.

Lewat proses clip dibuat batas daerah pemotongan berdasarkan objek yang diamati. Selanjutnya dilakukan koreksi geometrik menggunakan citra landsat untuk menyesuaikan koordinat lokasi dan objeknya. Barulah dari sini maka dilakukan klasifikasi citra untuk menentukan kelas tutupan lahan beserta jenisnya didasarkan pada data citra satelit resolusi tinggi.