Kembali Terkuak Kekejaman ISIS, 15.000 Jasad Dipendam di 72 Kuburan Massal

Kepulan asap pekat, sisa -sisa api, serta bunyi tembakan yang menggema mengelilingi lelaki itu.

Selama berjam-jam, di dalam sungai lelaki muda itu hanya bisa meringkuk. dan terdengar suara pembantaian terhadap anggota keluarganya.

Di sisi gunung yg tidak selaras, seorang rakyat yg selamat mengintip dengan teropongnya. Beliau menyaksikan para tetangga di kampung halamannya, ditembak meninggal menggunakan tangan terikat.

Jasad mereka lalu dimasukkan ke pada liang besar , dan kemudian ditutup dengan tanah memakai buldozer yang sudah menunggu semenjak awal.

Selama enam hari, beliau menyaksikan para teroris asal grup negara islam pada irak dan suriah (isis) melakukan pembantaian serta membentuk kuburan massal, asal kerabat serta saudara lelaki itu.

Lokasinya berada di pegunungan sinjar pada utara irak. Pada sana terdapat enam lokasi kuburan massal. Ada lebih asal 100 jasad yang ditimbun di sana.

Kuburan yang secara massal di Lokasi itu diyakini hanyalah sebagian kecil asal kuburan massal yg dirancang sang teroris isis di semua penjuru irak serta suriah.

Sesuai wawancara spesifik, foto-foto, dan yang akan terjadi riset, kantor gosip associated press, mendokumentasikan dan memetakan 72 kuburan massal.

Temuan in adalah yg paling komprehensif sejauh ini, serta masih mungkin berkembang lebih lebih besar lagi.

Di suriah, ditemukan 17 kuburan massal, termasuk satu liang yang berisi ratusan jasad berasal satu suku, yg kemudian dibinasakan ketika isis masuk ke wilayah suku itu.

Sementara itu, di irak, setidaknya terdapat 16 liang, yang biasanya berada pada wilayah yang terlalu berbahaya buat dievakuasi.

Sumber resmi pun tidak bisa memperkirakan berapa jumlah jasad di dalam semua kuburan massal itu.

Pada sisi lain, asumsi jumlah korban mangkat bersandar di daya jangan lupa para korban yang selamat.

Kendati demikian, angka yang timbul pun permanen mencengangkan. Berasal prediksi awal lima.200 korban dalam 72 kuburan massal tersebut, ternyata membengkak hingga kisaran 15.000 korban.

Di pegunungan sinjar, tersebar sekian banyak kuburan massal.

Beberapa berada pada daerah yang balik dikuasai isis selesainya serangan terhadap grup minoritas minoritas yazidi di agustus 2014.

Ad interim korban lain yang dikubur pada wilayah tidak bertuan, belum mampu diprediksi.

Pemindahan jasad
Talal murat salah satunya. Mayat keluarga murat diantaranya ayah, paman, dan di bawah puing-puing peternakan milik keluarga mereka sepupunya terpendam.

Hingga kini , jasad mereka masih ada di sana, serta murat masih menunggu ketika yang safety buat memindahkan jasad berasal daerah di mana mereka pada eksekusi mangkat .

Di sisi lain pegunungan sinjar, rasho qassim setiap hari mengendarai mobil melintasi liang lahad pada mana dua anak lelakinya terkubur.

Sesungguhnya, jalan yang beliau lintasi sudah direbut kembali sang pasukan pemerintah setempat. Namun ada 5 lokasi yang hingga sekarang belum terjamah.

Lokasi tadi masih dibatasi menggunakan tali, menunggu porto dan kehendak politik buat penggalian serta pemindahan.

“kami ingin sekali memindahkan mereka dari sini. Sekarang hanya tulang yang tersisa. Namun mereka mengatakan ‘jangan’,” kata qassim.

mereka bilang mayat-mayat itu harus permanen pada sana, sebab akan ada komite yg melakukan penggalian, katanya.

Qassim menyampaikan kesaksiannya ini di sebuah lokasi pada mana jasad ke 2 anaknya terkubur.

“ini sudah 2 tahun berlalu, serta tidak ada satu pihak pun yg datang,” kata beliau.

Di lain sisi, para teroris isis seolah memang tidak berkehendak menyembunyikan kekejaman mereka.

Ad interim, temuan ini pun menjadi bukti tuduhan pbb wacana terjadinya genosida yg didalangi isis.

“kita tentu bisa melihat menggunakan kentara intensi mereka (isis) untuk memusnahkan suku yazidi,” istilah naomi kikoler, yg waktu ini sedang mengunjungi lokasi itu buat kepentingan the holocaust museum di washington, d.C.

hampir tidak ada upaya yg sistematis untuk mendokumentasikan kejahatan yang mereka lakukan, melestarikan bukti, dan agar pasti bahwa kuburan massal diidentifikasi dan dilindungi, istilah dia.

Belum lagi, masih terdapat kuburan massal lainnya yg jauh dari jangkauan.

Ad interim, teroris isis memperluas kekejaman hingga ke luar daerah yazidi pada irak utara.

Sangat jelas terlihat gambar yang ditampilkan Citra satelit mengenai pembantaian narapidana di penjara badoush, juni 2014, yang menyebabkan tewasnya 600 orang.

Asal 72 kuburan massal didokumentasikan sang ap, paling terkecil berisi tiga jasad dan terbesar diyakini berisi ribuan jasad. Namun, tidak ada satu pun pihak yang bisa memastikan itu.

FacebookTwitterGoogle+LinkedInYahoo MessengerBlogger PostWhatsAppEmailWordPressYahoo MailShare