Uji Akurasi Citra Satelit - JUAL CITRA SATELIT RESOLUSI TINGGI QUICKBIRD DAN WORLDVIEW 2 PLEIADES IKONOS LANDSAT ALOS SPOT GEOEYE RAPIDEYE

Uji Akurasi Citra Satelit

Untuk Mengetahui nilai ketelitian dari Citra Satelit setelah melakukan proses orthorektifikasi perlu dilakukan Uji Akurasi/Uji ketelitian Geometri Citra Satelit. Perbedaan Koordinat (X,Y,Z) antara titik pengujian pada gambar atau peta terhadap lokasi actual sebenarnya pada titik uji di permukaan tanah merupakan menjadi acuan dalam pengujian ketelitian posisi. Pengukuran akurasi yang digunakan adalah RMSE (Root Mean Square Error) dimana yang dihitung adalah koordinat titik uji (X,Y) dengan posisi actualnya di lapangan.

Untuk Citra Satelit Resolusi Tinggi skala 1:5000 didalam RDTR bisa dikatakan masuk dalam standar ketelitian peta dasar apabila akurasi horizontalnya kurang dari atau sama dengan 2,5 meter (Kelas 3).

Berikut adalah ketelitian Geometri menurut Perka BIG (Badan Informasi dan Geospatial) Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Ketelitian Peta Dasar.

Dalam menghitung hasil Orthorektifikasi menggunakan nilai CE90 yang didapat dari nilai RMSE resolusi Citra Satelit setelah di ortho. Berikut adalah perhitungan akurasi horizontal dengan tingkat kepercayaan pada level 90% (NSSDA).

RMSEr = Horizontal (2D) Root Mean Square Error = √∑(XGPS-XCP)²+(YGPS-YCP)²/∑Titik