Rencana Detail Tata Ruang
Pengolahan Citra Satelit Pansharpened
Citra Satelit Terbaru 2019 2020 2021

Koreksi Geometrik

Citra satelit merupakan salah satu alat bantu untuk melihat gambaran bentuk muka bumi. Dalam dunia ilmu pengetahuan, mengetahui bentuk muka bumi bisa membantu banyak hal. Biasanya bertujuan untuk melihat peta persebaran manusia, hingga bagaimana pegunungan terbentuk. Bahkan juga untuk menjelaskan bagaimana sebuah benua terbentuk.

Dalam ilmu geografi, gambaran muka bumi memang tidak rata. Namun, para ahli sepakat menjadikan permukaan laut sebagai standar ketinggian wajah bumi. Pada beberapa tempat memiliki ketinggian cukup mengesankan, misalnya Pegunungan Everest. Sedangkan beberapa daerah di bumi memiliki lokasi berada dibawah permukaan laut, misalnya Laut Mati.

Namun, untuk mendapatkan sebuah gambaran muka bumi secara jelas harus menggunakan rekaman sensor satelit. Disini terkadang rekaman ini masih menimbulkan perbedaan atau distorsi karena beberapa alasan. Biasanya kelengkungan bumi, perubahan ketinggian, rotasi hingga kesalahan sensor bisa berakibat pada hasil gambaran wajah bumi.

Kesalahan Pada Peta Foto Satelit

Meskipun dalam menentukan wajah bumi menggunakan bantuan satelit, namun tidak jarang ada beberapa kesalahan. Ada banyak potensi kesalahan yang bisa terjadi, baik karena faktor internal atau eksternal. Karena itu, dalam beberapa proses selanjutnya harus dilakukan tahap lanjutan seperti rektifikasi, proyeksi peta, hingga georeferensi.

Pada faktor eksternal, kesalahan pengukuran terjadi karena beberapa alasan. Namun yang paling sering adalah karena adanya kelengkungan bumi. Kelengkungan ini membuat perbedaan tinggi objek satu dengan lainnya. Apalagi jika ditambah dengan rotasi cepat sehingga membuat gaya magnet bumi selalu berbeda setiap saat.

Faktor internal biasanya terjadi karena kesalahan sensorik pada wahana satelit. Apalagi jika ada perubahan pada spektrum cahaya yang berbelok sehingga membuat gambaran muka bumi terlihat berbeda. Hal tersebut membuat ada perbedaan setiap kali dilakukan pencitraan. Karena itu perlu ada tahap lanjutan untuk akurasi geometrik.

Rektifikasi, Proyeksi Peta, dan Registrasi

Untuk mendapatkan citra satelit resolusi tinggi, maka dibutuhkan beberapa tahap penyempurnaan. Rektifikasi merupakan sebuah usaha untuk mengubah sistem grid. Hal tersebut karena ada perbedaan antara posisi piksel output dan input. Oleh sebab itu, maka Anda perlu melakukan re-sampling untuk ekstrapolasi pada data tersebut.

Sedangkan proyeksi peta merupakan upaya yang dilakukan sebelum melakukan koreksi geometrik. Indonesia menggunakan sistem proyeksi peta Universal Tranverse Mercator (UTM). Sedangkan penggunaan datum Indonesia menggunakan Datum Geodesi Nasional (DGN-95). Namun, penggunaan sistem proyeksi pada dasarnya juga tergantung pada sistem koordinat pada objek pencitraan.

Namun, dalam beberapa kesempatan juga ada kasus dimana penyamaan citra sangat dibutuhkan. Ketika melakukan penyamaan citra, maka upaya tersebut akan mengabaikan titik kordinat. Analis menggunakan penyamaan supaya piksel dalam citra yang sama dapat dibandingkan. Upaya penyamaan tersebut dalam ilmu geomatika disebut sebagai registrasi.

Penetapan Koordinat (Georeferensi)

Citra satelit worldview kemudian bisa dipakai untuk mempermudah titik lokasi. Dalam geomatika, georeferensi dilakukan untuk menentukan titik koordinat. Meskipun peta sudah berada pada bentuk proyeksi datar, namun butuh titik lokasi. Objek biasanya belum memiliki titik koordinasi tepat pada peta akibat beberapa alasan.

Georefenrensi dibutuhkan karena pada dasarnya sistem proyeksi berkaitan erat dengan koreksi geometrik. Sebagai contoh, untuk registrasi dari satu citra ke citra lain membutuhkan penetapan koordinat. Hal tersebut dapat dilakukan jika sebelumnya citra acuan sudah di georeferensi sehingga mengubah sistem koordinat peta dalam file citra.

Koreksi Geometrik harus dilakukan apabila posisi citra akan disesuaikan dengan beberapa citra lain. Tentunya peta-peta wajah bumi tersebut sudah memiliki sistem proyeksi peta sebelumnya. Karena itu, foto citra satelit bisa digunakan untuk beberapa kepentingan setelah selesai dilakukan penyesuaian melalui beberapa tahapan.

One thought on “Koreksi Geometrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.