Area Of Intersest Citra Satelit

Assalamualaikum warahmatullah Wabarakatuh…

Apa kabar semuanya para penggiat Spasial Indonesia, saya berharap semua dalam keadaan sehat walafiat tak kurang satu apapun. Para penggiat Spasial sekalian terimakasih sudah berkenan untuk mampir berkunjung ke Website kami Citraspasial.com yang Very Spasial ini.

Pada kesempatan ini kami ingin sedikit berbagi cerita tentang pengalaman kami dalam hal ini sebagai penyedia data citra satelit dan serta penyedia jasa Pengolahan data Citra satelit. Di dalam proses order data citra satelit, baik yang order RAW Data (Original saja) atau include beserta jasa Pengolahan citra satelit, itu harus melalui proses penjajakan data terlebih dahulu. Maksud penjajakan data disini adalah penjajakan ketersediaan Data Citra Satelit mulai dari menginfokan VIA email Area Of Interest atau lokasi yang akan diorder yang dibutahkan citra satelitnya. Dari file Area Of Interestnya kami terima selanjut melalui proses Archiver kami akan lacak keteresediaan datanya, filterisasi pelacakan ketersediaan disesuaikan dengan permintaan calon costumer berdasarkan rentang waktu akuisisi data, persentase ketertutupsn awan, dan batas maksimal sudut perekaman citra.

Bagi teman-teman para penggiat Spasial tentu sudah mengerti dengan apa yang dimaksud dengan Area Of interest, apalagi yang sudah familiar dan terbiasa dengan Software-software Pemetaan, GIS, dan Remote sensing, sepert ArcGis, PCI Geomatica, Global Mapper, ER Mapper, Erdas Imagine, Mapinfo, QuantumGIS, dan masih banyak lagi. Area Of Interest merupakan lokasi yang diberikan oleh para calon customer yang menjadi acuan kami sebagai penyedia Data Citra Satelit. Area Of interest bisa berbentuk Polygon, polyline, titik koordinat kotakkan (center atau sudut kiiri atas pojok kanan bawah), atau tekstual Koordinat lintang bujur, atau bisa juga peta yang ada keterangan grid koordinat lintang dan bujurnya. Extension file Area of interest bisa dalam berbagai format extension, mulai dari yang umum seperti Shapefile (*.shp), GoogleEarth (*.kmz), CAD (*.dxf), GPS (*.gpx), Map info (*.tab).

Kadang-kadang ada juga teman-teman yang tidak paham ketika kami minta untuk mengemailkan Area Of Interest, hanya paham Area Of interest merupakan lokasi yang dibutuhkan data Citranya, jadi hanya menyebutkan lokasi yang diambil dari nama suatu desa, kecamatan, kabupaten, bahkan tidak tanggung-tanggung Provinsi. Secara untuk menyediakan Data yang besar satu Provinsi apalagi citra resolusi tinggi biasanya hanya pemerintah atau BUMN nasional melalui proses lelang pemerintah. Kami sebagai penyedia data citra satelit senang-senang saja apabila menerima permintaan untuk menyediakan data citra satelit yang besar sekelas pemenang lelang proyek pemerintah berskala besar. Tapi apa iya ada personal yang minta ketersediaan data citra satelit hanya via email dengan luasan satu provinsi atau kabupaten yang biasanya ribuan kilometer persegi, tentu menjadi tanda tanya tersendiri bagi kami. Dugaan kami pertama pasti personal tersebut hanya mencari referensi saja untuk mereka merancang anggaran untuk ikut di lelang pemerintah pada instansi tertentu. Dugaan kedua personal tersebut belum mempunyai perencanaan yang matang dalam upayanya mencari ketersediaan data citra satelit yang dibutuhkannya dari sisi teknis kacamata seorang penggiat Spasial atau penggiat Peta.

Bukan sedikit calon customer yang menghubungi kami menciutkan Area Of Interest awalnya yang fantastis menjadi minimal order atau bahkan setelah direvisi Area Of Interestnya menjadi minimal Order merasa terlalu besar. Semisal untuk Citra Satelit Resolusi tinggi minimum Ordernya 25 kilometer persegi merasa terlalu besar karna kebutuhan data citranya hanya ratusan bahkan puluhan hektar saja.

FacebookTwitterGoogle+LinkedInYahoo MessengerBlogger PostWhatsAppEmailWordPressYahoo MailShare